AKTIVITAS ENZIM UREASE PDF

To make us know how the urease enzym and schradinger enzim react and the problem and Uji Pengaruh Konsentrasi Enzim Terhadap Aktivitas Enzim. Urease merupakam enzim yang digunakan dalam hidrolisis urea menjadi Hasil penelitian menunjukkan aktivitas spesifik urease dari kacang panjang paling. Pendahulan Tanah MetodoLogi Penelitian Waktu dan Tempat: Metode Penelitian Lanjutan kualitas tanah. Budidaya Pertanian DEPARTEMEN.

Author: Meztilmaran Zologul
Country: Jordan
Language: English (Spanish)
Genre: Automotive
Published (Last): 12 February 2018
Pages: 51
PDF File Size: 9.93 Mb
ePub File Size: 10.58 Mb
ISBN: 599-1-13198-417-6
Downloads: 63479
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Arashigrel

Enzim Urease Dan Enzim Schardinger – PDF Free Download

Pada percobaan dan hasil pengamatan aktibitas bahwa Bacillus subtilis dan Aktiivtas coli positif terhidrolisanya kasein karena disekitar koloni bakteri menjadi jernih. Pada medium glukosa padat, warna akhir Escherichia coli adalah kuning, sedangkan pada Bacillus subtilis warna akhirnya menjadi hijau wktivitas dan hasil keduanya adalah positif.

Fermentasi dapat menghasilkan berbagai senyawa akhir, contohnya fermentasi karbohidrat yang dapat menghasilkan berbagai senyawa asam seperti asam laktat dan propionet, uresae, keton dan gas Pelczar, Terbentuknya indol disebabkan oleh tryptophan teroksidasi oleh proses enzimatik oleh enzim tryptophanase. Hal ini menunjukan adanya pergerakan dari bakteri yang diinokulasikan, yang berarti bahwa bakteri ini memiliki flagella.

Hal ini menunjukkan bahwa Bacillus subtilis tidak mempunyai enzim laktose yang mampu menghidrolisis laktosa cair menjadi monosakarida yaitu glukosa dan galaktosa. Enzim Schardinger Enzim schardinger merupakan enzim yang termasuk golongan enzim oksidase, terdapat diantara lain di dalam susu sapi dan dikenal pula sebagai enzim xanthine oksidase karena dapat mengoksidase xanthine. Dalam uji hidrolisa ini, hasil yang diperoleh adalah negatif pada E. Sedangkan fruktosa akan diubah terlebih dahulu menjadi fruktosa 6-fosfat dan kemudian fruktosa 6-fosfat diubah menjadi glukosa 6-fosfat.

Uji Indol Uji indol bertujuan untuk mengatahui apakah suatu bakteri dapat menghasilkan gugus indol dari triptofan. Pada uji gula-gula hanya terjadi perubahan warna pada media glukosa yang berubah menjadi warna kuning, artinya bakteri ini membentuk asam dari fermentasi glukosa.

Larutan iod dalam uji ini menjadi indikator adanya hidrolisa pati.

Warna kuning muncul karena adanya fermentasi bakteri terhadap glukosa, sukrosa, ataupun laktosa dalam konsentrasi tinggi sedangkan dalam konsentrasi gula yang rendah hanya nampak warna merah. Asam yang terdapat didalam medium adalah asam organik hasil fermentasi oleh E. Journal of Molecular Catalysis B: Hal urezse menunjukkan bahwa bakteri bermigrasi dari garis inokulasi ke bentuk kekeruhan padat medium. Fenomena ini terjadi karena enzim Schardinger yang ada didalam susu sapi mengalami denaturasi atau rusak karena suhu yang tinggi diatas 60 o Akivitas yang diakibatkan dari pemasakan susu sapi hingga matang suhu tepat atau lebih dari o C.

  ATV-DVWK-A 139 PDF

Sedangkan fermentasi karbohidrat adalah perombakan monosakarida menjadi alkohol, gas karbondioksida, asam organik dan energi dengan bantuan mikrobia.

Enzim Urease Dan Enzim Schardinger

Uji VP positif jika terbentuk warna merah pada media. Uji ini menggunakan medium SIM. Bakteri yang memiliki kemampuan memecah H2O2 dengan enzim katalase maka segera membentuk suatu sistem pertahanan dari toksik H2O2 yang dihasilkannya sendiri. Kemampuan menghidrolisa pati diketahui dengan cara memberikan larutan iodium pada medium yang sudah diinkubasi.

Bakteri tersangka Salmonella sp uji citrat negatif, uji motilitas dan uji urease negatif. Hal ini sesuai dengan teori bahwa seperti yang telah kita ketahui enzim urease merupakan suatu protein dimana cara kerjanya dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya suhu. Uji ini dilakukan pada media khusus yang disebut media MR-VP. Uji MR Hasilnya positif, terjadi perubahan warna menjadi merah setelah ditambahkan methyl red.

Muhammad Abdul Aziz/A by rizaldy anhar on Prezi

Adanya enziim ini akan menentukan pertumbuhan bakteri lebih lanjut, sehingga peruraian protein tidak terjadi Jutono ureawe, Uji biokimia yang terakhir ureae uji pembentukan indol dengan menggunakan medium hidrolisat kasein yang didalamnya terkandung asam amino Triptofan.

Fraksi terdifusi di dalam sel oleh enzim maltase dihidrolisis lebih jauh menjadi D-glukosa. Terlebih dahulu melakukan pengenceran urine.

Berat molekul enzim urease sebesar Skip to main content. The study was started with germination of asparagus beans for 8 days. Sedangkan enzim tidak diproduksi enzi bakteri anaerob obligat karena mereka tidak memerlukan enzim tidak diproduksi oleh bakteri anaerob obligat karena mereka tidak memerlukan enzim tersebut.

Journal of Advanced Scientific Research 5, Dengan lidi kayu berujung lancip koloni bakteri diambil sedikit dan langsung dicampur dengan reagen diatas objek gelas. Bakteri Eschericia coli negatif dan Bacillus subtilis positif pada uji hidrolisa kasein. SITE To ensure the functioning of the site, we use cookies. TSIA juga mengandung natrium trisulfat, yaitu suatu substrat untuk penghasil H 2 S, ferro sulfat menghasilkan F e S precipitatbewarna hitam untuk membedakan bakteri H 2 S dengan bakteri-bakterinya Anonim, f.

  AVANCIS POWERMAX PDF

Aureus bisa menghasilkan gelembung-gelembung oksigen karena adanya pemecahan H2O2 hidrogen peroksida oleh enzim katalase yang dihasilkan oleh bakteri itu sendiri. Untuk terhidrolisanya kasein dengan mengamati perubahan media disekitar koloni bakteri menjadi jernih uji positif atau tetap buram uji negatif. Hal ini menunjukkan bahwa kedua bakteri tersebut tidak mampu mereduksi nitrat menjadi nitrit.

Uji Proteolitik Uji ini enzzim untuk mengetahui apakah suatu bakteri memilik enzim protease yang mampu menghidrolisis protein menjadi asam-asam amino.

Uji Oksidasi Fermentasi Uji fermentasi oksidatif bertujuan untuk mengatahui apakah suatu bakteri mampu melakukan fermentasi dan oksidasi, yang ditandai dengan munculnya warna kuning pada medium OF.

Karena enzim merupakan suatu aktivitqs maka ada beberapa factor-faktor yang dapat memengaruhi salah satunya adalah suhu. Ureade ini juga dapat mengoksidasi aldehid. Bacillus subtillis tidak dapat membentuk indol pada medium triptofan, mereduksi nitrat, dan pada medium susu dapat melakukan fermentasi dan peptonasi Breeds, Tabung reaksi A memberikan perubahan warna, yaitu dari yang awalnya tidak berwarna menjadi berwarna merah muda pink. Mampu menghasilkan enzim Phenylalanine deaminase, yang mampu mendeaminasi phenilalanine sehingga menghasilkan asam Phenilalanine piruvat.

Terurainya kanji oleh mikroorganisme ditandai dengan perubahan ueease media di sekitar koloni setelah ditetesi lugol, yaitu menjadi berwarna hitam.

The study focused on isolation and purification of urease from asparagus beans and its characterization. Parakasein bereaksi dengan garam kalsium membentuk kalsium parakaseinat bakteri yang cepat memfermentasikan laktosa akan menghasilkan asam yang cukup banyak dan dapat menghambat penjenuhan kasein.

Beberapa bakteri yang termasuk katalase negatif adalah Streptococcus, Leuconostoc, Lactobacillus, dan Clostridium. Pada peptonisasi sempurna endapannya terkumpul dibawah dan kemudian cairan susu menjadi jernih. Asam amino triptofan merupakan komponen asam amino aktjvitas lazim terdapat pada protein, sehingga asam amino ini dengan mudah dapat digunakan oleh mikroorganisme akibat penguraian protein Volk dan Wheeler,